Informasi Quantity Surveyor di Indonesia

Quantity Surveyor Indonesia | Sebagin besar dari kita pasti masih awam dengan istilah ini, Profesi Quantity Surveyor (QS) bisa dibilang kurang begitu terkenal dibandingkan profesi pengacara, bankir, artist atau anggota dewan. Profesi ini baru anda kenal jika anda bergerak dalam bisnis kontraktor / pengembang. untuk mempercepat proses pembangunan serta lebih awal, maka profesi Quantity Surveyor sangat dibutuhkan. berbeda jika proyek kita tidak menggunakan QS maka proses desain akan memakan waktu lebih lama sehingga pekerjaan pembangunan tidak bisa segera dilaksanakan dan target penjualan produk bisa terhambat.

Quantity Surveyor Indonesia

Quantity Surveyor Indonesia

Seorang Quantity Surveyor juga harus mampu memberikan akurasi perhitungan biaya yang tepat dan cermat sehingga pengembang bisa mengalokasikan dana dengan baik dan hemat. Selama ini perhitungan yang tidak tepat membuat pengembang boros biaya dan cenderung merugi dalam proses bisnisnya.

Dalam Proses Perencanaan (Planning), Proses Pelaksanaan (Acting) dana Proses Pengawasan (Supervising), di dalam tahap ini Quantity Surveyor (QS) bekerja. Pada tahap perencanaan seperti ini terdapat banyak team yang berperan penting didalamnya, mulai dari ; arsitek, civil engineer, geotech engineer, water sanitation engineer, mechanical & electrical engineer dan QS.

Setelah QS mendapatkan harga satuan, item pekerjaan, dan quantity maka pekerjaan berikutnya adalah melakukan perkalian antara quantity dan harga satuan pada tiap-tiap item pekerjaan. Kemudian menjumlahkan masing-masing sub total pada tiap kelompok pekerjaan dan menjumlahkan sub-sub menjadi grand total dibagian paling bawah tabel BoQ. dari proses kerja ini pengembang bisa menghitung berapa modal yang harus dikeluarkan untuk membangun proyek.

Jelas sekali saat ini di Indonesia profesi Quantity Surveyor merupakan sebuah profesi yang menjanjikan dan memiliki peluang karir yang baik, hal ini dikarenakan di Indonesia sedang pesat berkembang pembangunan di segala bidang.

1 thought on “Informasi Quantity Surveyor di Indonesia

  1. Pingback: Jasa Promosi Bisnis | Jasa Informasi Bisnis

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.